Usai Telepon Sahbirin, Presiden Jokowi Kirim Lagi Bantuan Korban Banjir

Sahbirin Noor melepas bantuan korban banjir Kalsel, Senin (1/2/2021).

Masyarakat terdampak banjir di Banua kembali mendapatkan bantuan. Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi unsur Forkopimda serta pejabat SKPD Pemprov Kalsel pada Senin (1/2/2021) siang di Banjarbaru, melepas distribusi 20 ribu paket sembako bantuan Presiden RI untuk korban banjir di 11 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Sebelum didistribusikan, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Sri Yuliani selaku analis pengelolaan keuangan APBN Setneg RI kepada Gubernur Kalsel. Bantuan juga diterima dari Pemprov Jawa Timur yang menyerahkan bantuan dana tanggap darurat Rp 1 miliar dan beras 10 ton yang juga diterimakan oleh Gubernur Kalsel.

Atas nama rakyat Kalsel, Sahbirin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi yang untuk kedua kalinya mengirim bantuan untuk terdampak banjir di Kalsel.

“Begitu juga kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan kepada Kalsel yaitu dari unsur TNI dan Polri, pihak kementerian, pemerintah provinsi tetangga, para relawan dari luar Kalsel, unsur pengusaha dan masyarakat serta seluruh elemen yang turut peduli akan bencana banjir di Kalsel,” kata Sahbirin Noor.

Gubernur mengungkapkan beberapa hari lalu ia dapat telepon dari Presiden untuk kedua kalinya. Presiden, kata Sahbirin, menanyakan apa yang bisa dibantu lagi untuk pengananan korban banjir.

“Kita jawab saat itu sembako, karena saya lihat itulah saat ini yang paling dibutuhkan korban banjir. Mereka belum bisa bekerja akibat sawah, kebun, infrastruktur jalan dan jembatan rusak akibat bencana ini,” ungkap Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor.

Usai beberapa hari pembicaraan dengan presiden melalui saluran telepon itu, bantuan paket sembako datang. “Seperti kita lihat hari ini bantuan Presiden datang berupa paket sembako dan langsung kita distribusikan kepada masyarakat terdampak banjir,” ujarnya.

BACA JUGA  Pilgub Kalsel, Ini Dugaan Pelanggaran Paslon BirinMu

Paman Birin juga bersyukur bantuan kepada Kalsel selama tanggap darurat bencana terus berdatangan khususnya dari Presiden RI Jokowi beserta unsur kementerian. “Ini bukti bahwa negara hadir dan sangat peduli akan musibah bencana alam banjir dan longsor yang terjadi di Kalsel,” katanya.

Paman Birin juga berharap pemerintah pusat terus membantu Kalsel dalam upaya pemulihan ekonomi pasca bencana. Ia mohon dukungan dan arahan Presiden Jokowi dan jajaran Kementerian terkait upaya rehabilitasi dampak bencana seperti di bidang infrastruktur, pertanian, perkebunan, sosial ekonomi dan sektor-sektor kehidupan masyarakat lainnya.

Dengan bantuan 20 ribu paket sembako ini Tercatat bantuan Presiden RI telah dua kali mengirim bantuan bagi korban bencana Kalsel. Sebelumnya Jokowi datang langsung ke Kalsel memantau dampak bencana banjir di Kalsel sekaligus membawa berbagai bantuan logistik dan keperluan penanganan korban banjir.

Sementara Sri Yuliani, mengungkapkan Presiden Jokowi menyampaikan pesan kepada masyarakat Kalsel agar tetap semangat dan banyak berdoa kepada Tuhan.

“Pesan bapak Presiden tetaplah semangat dan jangan lupa selalu berdoa, dan beliau berharap bantuan paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat Kalsel yang Terdampak oleh bencana banjir ini,” pungkas Sri.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Di Sei Pandan, Api Hanguskan Rumah dan 4 Motor

Read Next

Kapal Kemanusiaan Kirim Logistik Korban Banjir Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *