Bawaslu Kalsel Dampingi Ketua Bawaslu Kotabaru ke DKPP

Komisioner Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhani.

Komisioner Bawaslu Kalimantan Selatan, Azhar Ridhani, mengatakan pihaknya sudah tahu atas pengaduan terhadap Ketua Bawaslu Kotabaru ke DKPP RI. Namun, ia belum mendengar detail penjelasan dari Ketua Bawaslu Kotabaru.

“Mungkin kami akan advokasi, pasti akan kami dampingi. Nanti mereka menyampaikan kepada kami, ada permohonan sesuai Perbawaslu. Lalu, kami akan menginventarisir apa saja yang jadi bagian pokok permohonan,” kata Azhar Ridhani kepada banjarhits.com, Jumat (22/1/2021).

Menurut dia, perlu ada klasifikasi dan satu forum membahas pengaduan tersebut. Pihaknya akan mendampingi Ketua Bawaslu Kotabaru sampai persoalan itu selesai. Ia menegaskan, anggota Bawaslu di Kalsel berhak mendapat pendampingan hukum dari Bawaslu Kalsel.

“Ini kan anggota Bawaslu di Kalimantan Selatan, terlebih Ketua Bawaslunya,” lanjut Aldo, sapaan Azhar Ridhani. Pihaknya masih terkendala bencana banjir, sehingga belum bisa menemui anggota Bawaslu Kotabaru.

Menurut anggota tim hukum paslon Bupati-Cawabup Kotabaru Burhanudin-Bahrudin (2BHD), Hafidz Halim pada 6 Januari lalu, pihaknya mengadukan Ketua Bawaslu Kotabaru ke DKPP RI atas dugaan penyebaran berita bohong dan fitnah.

Halim menilai apa yang dilakukan teradu diduga melanggar Pasal 8 Prinsip Dasar Etika dan Perilaku Aturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik.

Pelaporan terhadap Erfan ke DKPP RI pada 23 Desember 2020, dan diterima DKPP dengan nomor 04-23/SET-02/XII/2020. Pelapor atas nama Rahmadi sekaligus anggota tim hukum 2BHD.

“Tim 2BHD menganggap M Erfan diduga telah melanggar Kode Etik sebagai Ketua Komisioner Bawaslu, Erfan Erf diduga melakukan berita bohong dan hoaks kepada salah satu simpatisan pemilih 2BHD melalui pesan masengger Facebook. Dalam isinya, Erfan Erf menerangkan bahwa Tim Pemenangan Burhanudin telah melakukan money politic dan mengumpulkan KTP fiktif,” kata Hafidz Halim.

BACA JUGA  Pengedar Sabu-sabu 5 Gram Ditangkap di HST

Tim hukum 2BHD mengirimkan lagi kelengkapan berkas laporan jenis form Form I-P/L-DKPP ke kantor DKPP pada Selasa (19/1/2021). Menurut anggota tim hukum 2BHD, M Subhan, kedatangan ke DKPP kali ini melengkapi berkas yang sebelumnya sudah dikirim ke DKPP pada 23 Desember 2020.

“Ada korelasinya dengan laporan sebelumnya yang sudah dikirmkan ke DKPP,” kata M Subhan.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Foto: Susur Sungai Menebar Bantuan Korban Banjir

Read Next

Kadis Kesehatan Banjarmasin Positif Covid-19

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *