Banjir Kalsel, Rumah Rusak Dapat Dana Renovasi

Rumah milik warga adat yang ambruk akibat longsor dan banjir di Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST.

Kabar baik datang di tengah musibah banjir yang melanda Kalimantan Selatan. Pemerintah RI sudah menyiapkan dana perbaikan rumah milik masyarakat dan infrastruktur yang rusak akibat banjir di awal tahun 2021.

Kepala BNPB Letjen Purn Doni Monardo, berkata pemerintah sedang menyiapkan dana renovasi infrastruktur yang rusak di Kalsel, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Terrmasuk rumah milik masyarakat yang ikut rusak akibat banjir,” kata Letjen Purn Doni Monardo didampingi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor usai Rakor Penanganan Banjir Kalsel di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Minggu (17/1/2021) malam.

Perbaikan infrastruktur yang dimaksud adalah jalan dan jembatan yang berstatus nasional. Sementara untuk rumah milik masyarakat yang rusak akibat banjir terdiri dari kategori.

“Pertama kategori berat dapat bantuan Rp 50 juta, sedang Rp 25 juta dan ringan Rp 10 juta,” kata Doni Monardo.

Semua bantuan dana itu merupakan upaya rehabilitasi pasca banjir. Namun, ia minta penanganan pasca banjir dibuat sebuah organisasi yang melibatkan seluruh komponen terkait, baik unsur pemerintah daerah, pusat, TNI/Polri, dan stakeholder terkait lainnya.

Kemudian perlu dilakukan pendataan kerusakan rumah dan infrastruktur secara terpadu dan dibuat petunjuk teknis pelaksanaannya sehingga proses rehab pasca banjir dapat dilakukan secara baik.

“Dalam proses rehabilitasi ini tentunya perku waktu yang panjang dan perlunya melibatkan semua pihak,” kata Doni.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor meminta seluruh jajarannya bekerja tuntas dan sesuai aturan dalam proses distribusi bantuan dari pemerintah pusat. “Namun jangan sampai juga karena takut, lalu bantuan lambat disalurkan, ini kita faktor kemanusiaan, ini faktor nyawa manusia,” tegas Sahbirin.

Sahbirin juga meminta pendistribusian bantuan tidak menyalahi aturan, apalagi menyimpang. “Cepat tuntas salurkan kepada masyarakat, jangan sampai lambat,” kata Paman Birin, sapaan Sahbirin Noor.

BACA JUGA  BPN Serahkan 750 Bidang Tanah ke Pemkab Batola

Paman Birin mengatakan perlu sinergitas antara pemeritah pusat dengan pemerintah daerah ini diharapkan akan secepatnya bisa memulihkan kondisi perekonomian. Dengan bantuan ini, ia berharap infrastruktur yang rusak akibat banjir dapat segera diperbaiki.

“Sehingga dapat memulihkan kondisi perekonomian masyarakat segera,” harap Paman Birin.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Demokrasi Lokal: Tambang dan Bandar Politik

Read Next

Ketua RT di Banjar Diduga Tewas Kesetrum saat Banjir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *