Sikap Resmi Presiden Jokowi atas Banjir di Kalsel

Presiden Joko Widodo memberi pernyataan resmi atas banjir di Kalsel, Jumat (15/1/2021).

Presiden Joko Widodo sudah mengontak Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atas kejadian banjir di Kalsel. Jokowi ingin mendapat laporan langsung dari Sahbirin.

Presiden menginstruksikan Kepala BNPB, Panglima TNI, dan Kepala Polri secepatnya mengirim bantuan, terutama perahu karet yang sangat dibutuhkan untuk penanganan banjir di Kalsel.

“Sekali lagi saya mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dari bencana bajir, longsor, karena bulan-bulan ini terjadi peningkatan curah hujan yang cukup ekstrem,” kata Presiden Jokowi lewat video YouTube, Jumat (15/1/2021).

Jokowi pun mengimbau masyarakat selalu memperhatikan peringatan dini BMKG. “Saya akan terus memantau perkembangan bencana di Tanah Air, baik di Sumedang; di Majene, Sulawesi Barat; kemudian banjir yang ada di Kalimantan Selatan,” lanjutnya.

Ia berharap pemerintah pusat dan pemerintah daerah selalu hadir di tengah masyarakat saat bencana.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menetapkan status tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan gelombang pasang. Peningkatan status dari siaga darurat ke tanggap darurat diteken pada 14 Januari 2021.

Sahbirin Noor meminta pihak-pihak terkait kebencanaan segera melakukan langkah nyata untuk penanggulangan bencana dimaksud di bawah koordinasi BPBD Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, seorang warga Kalsel, Tasriq Usman, menulis surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo atas banjir besar di Kalsel. Berikut tulisan Tasriq:

Dengan hormat,
Sehubungan dengan Banjir BESAR Yg Melanda Prov. Kalsel seminggu terakhir di Kalsel yg sampai saat ini hujan Deras masih terus turun, Banjir BESAR melanda semua kabupaten kota di Kalsel, yang mengakibatkan Lumpuh Total semua aktifitas kegiatan sosial dan Ekonomi Masyarakat Kalsel, tapi kok sampai saat ini luput dari perhatian pemerintah Pusat untuk bisa membantu masyarakat Kalsel, sementara jika ada banjir di pulau jawa lansung mendapat perhatian pemerintah pusat.
Mestinya dgn Banjir BESAR Yg melanda Prov. Kalsel lansung ada perhatian pemerintah pusat dan memerintahkan menteri menteri terkait untuk lansung meninjau Banjir di kalsel sekaligus dpt membantu segala keperluan masyarakat berupa 0bat 0batan, makana dll.
Pak Presiden tolong kalsel jangan hanya di jadikan sumber Devisa Nasional dari hasil Alam Batu Baranya, tp juga di perhatikan bila bencana Alamnya.
Khusus Bagi Menteri Sosial yg Baru tolong jangan Blusukan di Jakarta saja, Kalsel juga Bagian dari Indonesia.

Demikian Surat terbuka ini atas perhatianya saya haturkan terima kasih.

Hormat Saya :

Drs. HM Tasriq Usman, MMPd.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Disaster Management CAI Bantu Korban Banjir Kalsel

Read Next

Pria Ini Mencuri Emas Milik Mertua Sendiri

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *