Raudatul Jannah: Korban Banjir di Barabai Kelaparan

banjir barabai

Genangan banjir di Kecamatan Barabai, Kabupaten HST pada Kamis (14/1/2021).

Hujan kembali mengguyur deras di Kalimantan Selatan pada Kamis malam – Jumat pagi (14-15/1/2021). Alhasil, beberapa daerah masih kebanjiran akibat cuaca ektrem tersebut. Di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, banjir menggenang hingga atap rumah warga.

Salah satu warga di Kota Barabai, Raudatul Jannah, mengabarkan ada korban banjir di Jalan Trikesuma butuh bantuan, karena korban banjir di sana belum menerima bantuan sejak banjir merendam pada 14 Januari 2020.

Menurut dia, lima orang korban banjir yang belum dievakuasi bernama Khairansyah (62), Ridha Fakhrida (49), Nur Azizah Puteri Khairidha (22), Rizqi Kadir (18), dan Noor Rizqi Puteri Khairidha (17). Rumah mereka berjarak 4 rumah dari kuburan muslim Shulaha, Barabai.

“Sudah beberapa kali tim SAR lewat dan mereka teriak, disahuti nanti dulu. Sampai sekarang mereka menunggu dievakuasi dengan sabar. Kondisi kehujanan kemarin, dan sekarang sudah lemah,” demikian laporan Raudatul Jannah, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, kata dia, sebagian korban banjir di Barabai butuh bantuan makanan karena kelaparan. Korban banjir mengungsi di Masjid Shulaham SMPN 3 Barabai, SMAN 1 Barabai, dan ruko bertingkat di daerah Kamasan.

“Pengungsi sangat butuh makanan, termasuk pesantren Kitun Raya, puluhan santi kelaparan,” kata Raudatul.

Di grup WhatsApp SaveBarabai, ada anggota grup mengabarkan korban banjir belum menerima bantuan, terisolasi, dan genangan banjir mengepung Barabai.

“Kaka ulun di Bungur belakang langgar depan lapangan tenis yang masih terisolasi atas nama bapak Redha, guru MAN 1 Brb. Dapat kabar belum makan dari pagi kemarin,” tulis Naimjn pada Jumat (15/1).

Menurut dia, stok makanan sudah sedikit dan banyak anak-anak di pengungsian. “Kalau bisa minta tolong kepada relawan untuk memberikan bantuan sembako/makanan jadi,” lanjut Naimjn.

BACA JUGA  Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin Kalsel

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, kembali turun meninjau titik-titik lokasi banjir dan dapur umum yang membantu korban banjir. Untuk memastikan logistik korban banjir, Sahbirin ke lokasi dapur umum pada Jumat pagi (15/1/2021).

Perihal banjir yang makin meluas di Kalsel, Sahbirin Noor meminta masyarakat segera mengambil tempat-tempat aman dari banjir. Ia juga melihat banyak masyarakat korban banjir dibantu oleh sanak keluarga sendiri.

“Rumah yang terendam banjir, tergenang air. Pemerintah, saya perintahkan kekuatan full turun ke masyarakat. Semua SKPD, semua ASN Pemerintah Provinsi Kalsel untuk bergerak,” kata Sahbirin Noor.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Bahrudin Ketangkap Bawa Narkoba Sabu

Read Next

Minim Bantuan, Warga Kalsel Kirim Surat ke Presiden Jokowi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *