Disaster Management CAI Bantu Korban Banjir Kalsel

Korban banjir di Tanah Laut menerima bantuan dari CAI Kalsel, Jumat (15/1/2021).

Bencana alam banjir yang hampir terjadi di seluruh wilayah Kalimantan Selatan akibat curah hujan yang tinggi mengharuskan banyak warga terdampak untuk dievakuasi.

Disaster Management Team (DMT) Cyber Adventure Indonesia di Kalimantan Selatan bergerak secara mandiri maupun berkolaborasi dengan relawan berjibaku memberi bantuan, baik tenaga maupun logistik.

DMT Cyber yang dikomandani langsung oleh Chief Project Officer Cyber Adventure Indonesia, Eka Prasetya Aneba, menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari program kegiatan Disaster Management yang siap diterjunkan ke lapangan ketika ada bencana alam maupun bencana teknis kemanusiaan lainnya.

Cyber Adventure Indonesia mengirimkan personil bantuan ke beberapa titik terparah banjir di Kalimantan Selatan, seperti Kecamatan Kurau dan Bumi Makmur di Kabupaten Tanah Laut; Rantau, Kabupaten Tapin; dan Pengaron, Kabupaten Banjar.

Selain menyalurkan bantuan personil untuk evakuasi korban, DMT Cyber menyerahkan bantuan logistik berupa makanan jadi yang disalurkan langsung ke daerah-daerah terdampak, bahan mentah logistik dan pembalut serta popok bayi yang diserahkan ke posko-posko induk maupun posko mandiri yang didirikan warga.

Syaiful Rahman, aktivis dan pegiat sosial yang merupakan anggota DMT Cyber Kabupaten Tapin bersama tim setempat mendirikan dapur umum dan menyiapkan logistik keperluan konsumsi untuk warga terdampak banjir di Rantau, Kabupaten Tapin dan Pengaron, Kabupaten Banjar.

“Membantu sedikit meringankan beban warga merupakan bagian dari motto organisasi Cyber yaitu Perbanyak Aksi Kurangi Narasi,” jelas Ipul panggilan akrab Syaiful Rahman.

Di Kabupaten Tanah Laut, DMT Cyber berkolaborasi bersama aktivis dan relawan lingkungan yang dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup (DPRKPLH) menyalurkan bantuan logistik di wilayah Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin.

Untuk dua posko darurat yang didirikan warga setempat, bantuan diterima langsung oleh Camat Bajuin dan Kades Kunyit, evakuasi warga, anak-anak dan lansia juga dilakukan secara mandiri oleh gabungan relawan dan DMT Cyber.

BACA JUGA  Covid-19, Satpol PP Tak Merazia Eks Lokalisasi Pembatuan

Tebing Siring, wilayah yang terisolasi di Kecamatan Bajuin, turut menjadi sasaran kegiatan diakibatkan terputusnya jembatan dan jebolnya sungai, pengiriman logistik dilakukan di tengah hujan deras dan menerjang daerah banjir.

Sementara di Desa Pandahan, Kecamatan Batibati logistik dikirim melalui jalan alternatif Martadah-Bentok dengan tim relawan gabungan dengan koordinator lapangan Bambang dari DPRKPLH Tanah Laut dan diterima langsung oleh Kepala Desa Pandahan, Alfian Taurus.

Untuk bantuan logistik wilayah Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Makmur dengan koordinatir lapangan, Adi Rahmani, Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKLH, bantuan logistik diterima langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Tanah Laut, Syahrian Nurdin.

“Penyaluran bantuan logistik untuk warga terdampak banjir merupakan kerjasama DPRKPLH dan gabungan relawan lingkungan dari DMT Cyber Adventure Indonesia dan Orpala Tupan Meratus. Bantuan ini merupakan titipan beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Tanah Laut yang merupakan bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan,” jelas Adi Rahmani.

Dengan akses jalan yang hampir terputus dikarenakan banjir, derasnya arus dan di tengah intensitas curah hujan yang semakin tinggi kegiatan dilaksanakan dengan tetap berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tanah Laut dan instansi terkait serta Satpolairud Polres Tala yang dikomandani oleh AKP Suprianto.

Di tengah proses penyaluran bantuan menembus area banjir, DMT Cyber turut mengevakuasi hewan-hewan peliharaan warga yang nampak ditinggalkan pemiliknya.

Muhammad Mursyi, Kepala DPRKPLH Tanah Laut menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang terlibat. Menurut dia, tanggungjawab lingkungan merupakan beban buat semua warga.

“Tanpa adanya kerjasama semua pihak apa yang kita harapkan untuk kebaikan lingkungan tidak akan pernah terwujud,” tutupnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Minim Bantuan, Warga Kalsel Kirim Surat ke Presiden Jokowi

Read Next

Sikap Resmi Presiden Jokowi atas Banjir di Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *