Gempa Majene Terasa Hingga Pulau Laut Kotabaru

Peta gempa bumi di Majene dan daerah Pulau Laut, Kotabaru, Kamis (14/1/2021).

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,9 terjadi di wilayah Kabupaten Majene. Pusat gempa (episentrum) sekitar 4 kilometer barat laut Majene, Sulawesi Barat pada Kamis (14/1/2021) siang.

Seperti dilansir dari akun Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa itu berada di barat laut Majene dengan kedalaman 10 kilometer.

Atas gempa yang terjadi, BMKG melansir peringatan dini bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. Belum diketahui mengenai dampak dari guncangan gempa tersebut terhadap infrastruktur dan penduduk di wilayah sekitarnya.

Getaran gempa di Majene itu terasa hingga Pulau Laut, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Kotabaru dan Majene kira-kira berjarak 320-an kilometer. Alhasil, gelombang gempa mampu membelah Selat Makassar.

Menurut warga Desa Tirawan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Mahmud, mayoritas warga desa setempat merasakan guncangan gempa pada pukul 14.35 wita, Kamis (14/1).

“Warga sempat merasakan bergoyang. Gempa terasa di Pulau Laut Utara sampai Sungai Durian. Lima detik, tadi ngobrol sambil nonton TV, tiba-tiba ada goyangan. Apa ini goyangan? Di luar sudah banyak orang keluaran,” kata Mahmud kepada banjarhits.com.

Menurut dia, warga berhamburan keluar rumah saat merasa getaran. Mahmud khawatir rumah beton ambruk terimbas gempa tersebut. “Yang pertama goyangan 20 detik, yang kedua 5 detikan yang terasa banget. Kaca sampai bergetar,” ucapnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Kalimantan Selatan Meradang Dikepung Banjir

Read Next

BMKG: Cuaca Ekstrem di Kalsel Dipicu Atmosfer Labil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *