Sikap Sahbirin Noor saat Banjir Mengepung Kalsel

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor meninjau korban banjir di Kabupaten Banjar, Selasa (12/1/2021).

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, menginstruksikan dinas teknis untuk meningkatkan koordinasi dan kesigapan dalam memberi bantuan terhadap masyarakat terdampak banjir.

“Kita sudah mengingatkan dan mengarahkan SKPD terkait untuk sigap, cepat dan tidak ragu mengerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir,” tegas Sahbirin Noor, Selasa (12/1/2021) sore.

Paman Birin –sapaan akrab Sahbirin Noor– menyakini pimpinan SKPD seperti Dinas Sosial, BPBD dan Satpol PP serta perangkat daerah di jajarannya telah mengetahui batasan kewenangan instansi sesuai peraturan perundangan.

“Semoga intensitas hujan segera mereda sehingga tingkat ke dalaman air makin berkurang,” ucap Paman Birin.

Ia mengucapkan terima kasih tulus kepada segenap pihak, para relawan, swasta, tokoh masyarakat, TNI/POLRI, para alim ulama, pemerintah daerah dan unsur pers yang bersinergi turut membantu.

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Sosial dan SKPD terkait mengerahkan sejumlah bantuan tanggap darurat ke sejumlah daerah yang dilanda banjir sejak 3 Januari 2021 hingga saat ini Selasa (12/1/2021).

Kadinsos Kalsel Siti Nuriyani melalui Kasi Perlindungan Sosial H Ahmadi mengatakan bantuan sudah dikerahkan sejak terjadi banjir pada 3 Januari 2021.

“Kita telah mendirikan dapur umum sekaligus menerjunkan tim Tagana serta memberikan bantuan makanan kepada terdampak banjir di berbagai wilayah sejak 3 Januari lalu,” kata Ahmadi saat dihubungi via WhatsApp.

Adapun daerah yang sudah dilakukan penanganan adalah di Kecamatan Sei Tabuk, Mataraman, Martapura Timur dan Barat Kabupaten Banjar kemudian berlanjut di Kecamatan Cempaka di Kota Banjarbaru, Bati-Bati, Tambang Ulang, dan Kurau di Kabupaten Tanah Laut dan Desa Belanti Binuang di Kabupaten Tapin.

“Untuk Kecamatan Bati bati, dapur umum untuk 2.933 jiwa sejak 9 jan 2021 sampai sekarang masih dilaksanakan, sementara di Desa bangkal dan sungai tiung kota banjarbaru ditangani oleh Kampung Siaga Bencana Trisakti dan Dinsos Banjarbaru,” kata Ahmadi.

BACA JUGA  Slamet Riyadi Jadi Ketua HIPMI Batola

Di Kecamatan Bati-Bati yang terdampak banjir cukup parah juga telah diserahkan bantuan berupa makanan kepada ribuan warga.

Bantuan yang disalurkan berupa mi instan, minyak goreng, air dalam kemasan, kecap manis, teh celup, susu kental manis, kopi hitam, kopi susu, kue kering, beras reguler, dan seluruh logistik untuk dapur umum.

⁣”Bantuan tersebut kita tambah lagi dengan beras 500 kilogram untuk logistik masyarakat Terdampak banjir,” tambah Ahmadi.

Operasi penanganan banjir ini melibatkan Tagana Provinsi Kalsel, Tagana Kabupaten Tala, Tagana Kabupaten Banjar, BPBD Kabupaten Tala, PMI Tala, PPM Kabupaten Tala, unsur TNI-Polri, dan masyarakat setempat. ⁣

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Sodok Mata Buaya, Petambak di Kotabaru Lolos dari Maut

Read Next

Banjir Kalsel, Petani Jual Rugi Benih Padi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *