BPBD Kalsel: 5 Daerah Terdampak Banjir Awal 2021

banjir kalsel

Relawan bantu korban banjir di Kabupaten Tanah Laut, Senin (11/1/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan, mendata ada lima kabupaten/kota terdampak banjir akibat tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir. Lima kabupaten ini masing-masing Tanah Laut, Tapin, Tabalong, Banjar, dan Kota Banjarbaru.

Di Kabupaten Tanah Laut, data yang masuk sementara menunjukkan banjir merendam 4.728 rumah, 4.899 kepala keluarga, dan 16.248 jiwa. Di Kabupaten Tapin, banjir merendam 55 unit rumah, 85 KK, dan 255 jiwa. Kemudian di Kota Banjarbaru, banjir merendam 29 rumah, 310 KK, dan 1.023 jiwa.

Banjir di Kabupaten Tabalong merendam 161 rumah, 161 KK, dan 490 jiwa. Adapun banjir di Kabupaten Banjar merendam 1.232 rumah, 1.232 KK, dan 3.781 jiwa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalimantan Selatan, Abriansyah, berkata pihaknya mengirim bantuan logistik ke korban banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru. Ia mendengar sudah berdiri dapur umum di Kecamatan Bati-bati, Kabupaten Tala.

“Kita akan dropping logistik ke Kabupaten Tanah Laut, khusus Bati-bati. Di Kabupaten Banjar kita dropping logistik juga, Banjarbaru daerah Guntung Manggis kita kirim,” kata Abriansyah kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Pihaknya juga fokus pengiriman logistik ke Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar karena tingginya debit air. Ia sudah koordinasi dengan Basarnas, relawan lain, dan TNI-Polri menghadapi banjir di Kalsel.

Ia melihat genangan banjir di Martapura cukup lama, seperti Tunggul Irang dan Teluk Selong. Menurut Abriansyah, BPBD Provinsi Kalsel siap membantu BPBD Kabupaten/Kota sepanjang ada permintaan dan situasi lapangan. Di Bati-bati, pihaknya mengirim perahu motor untuk membantu korban banjir.

Pergerakan bantuan perahu bersifat fleksibel, menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Setelah di Bati-bati, ada kemungkinan perahu bergeser ke Pengaron atau wilayah lain.

BACA JUGA  Dua Wartawan Positif Covid-19
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Bencana Banjir Kepung Kalimantan Selatan

Read Next

Resmi PPKM, Ini 8 Poin Pembatasan di Barito Kuala

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *