Gubernur Kalsel Minta 10 Ribu Hektare Food Estate

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor ditemui wartawan. Foto: dok banjarhits.com

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengajukan usulan kepada pemerintah pusat untuk menjaga ketahanan pangan sekaligus memajukan pertanian di Kalsel. Sahbirin mengusulkan program food estate seluas 10 ribu hektare yang bakal menjadi areal baru tanaman pangan.

“Melalui bapak Gubernur Kalsel Sahbirin Noor telah diusulkan program food estate di Kalsel seluas 10 ribu hektar,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Syamsir Rahman usai mengikuti Rapat Kerja Nasional Pertanian virtual di Command Center, Banjarbaru, Senin (11/1/2021).

Menurut Syamsir, Kemneterian Pertanian sedang mengkaji dan memilah usulan tersebut. Ia berkata, Kementan masih menunggu hasil program food estate di Kalimantan Tengah.

“Bagaimana polanya yang lebih tepat dan bagus, sesuai arahan presiden nanti tinggal dicontoh saja oleh daerah lain,” kata Syamsir. Kalaupun di Kalsel, menurut dia, lokasi program food estate berada di 3 lokasi yakni Kabupaten Barito Kuala, Tapin, dan Hulu Sungai Tengah.

Jika usulan Sahbirin disetujui, maka akan menopang kekurangan dari provinsi tetangga. Sementara terkait pembiayaannya nanti bersumber dari dana APBN.

Kemajuan yang dicapai Kalsel di sektor pertanian mendapatkan atensi dari Presiden Joko Widodo. Menurut Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kabupaten Batola akhir Agustus 2020 lalu, Presiden Jokowi langsung menanyakan terkait perkembangan lahan pertanian di Kalsel.

Syahrul berkata pertanian Kalsel akan disiapkan menopang program food estate yang dipusatkan di Kalteng. Food estate merupakan program untuk menjaga ketahanan pangan yang dilaksanakan pemerintah pusat.

“Program food estate memang di Kalteng tapi Kalsel disiapkan untuk memback up,” kata Syahrul. Di bawah kepemimpinan Gubernur Kalsel, kata Syahrul, ekspansi lahan pertanian di Kalsel dapat terus dikembangkan.

Program food estate dimulai sejak Bulan September 2020 lalu. Dalam program food estate akan dilaksanakan dua kali tanam padi dan tanaman pangan lainnya dalam setahun.

BACA JUGA  Oknum PNS di HST Diduga Jual Narkoba
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Basarnas Kerahkan 53 Kapal Pencari Pesawat SJ 182

Read Next

Pertama PPKM, Ada 114 Pasien Baru Covid di Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *