59.372 Warga Kalsel Terima Sertifikat Tanah Gratis

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor (kanan) serahkan sertifikat tanah, Selasa (5/1/2021).

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menerima sekaligus menyerahkan sebanyak 59.372 sertifikat gratis kepada perwakilan masyarakat di Aula Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin, Selasa (5/1/2021) didampingi Kakanwil ATR/BPN Kalsel Alen Saputera.

Penyerahan simbolis sertifikat dilakukan usai mengikuti serah terima sertifikat gratis dari Presiden RI Jokowi secara virtual dari Istana Negara. Usai penyerahan sertifikat, Paman Birin meminta masyarakat yang telah menerima sertifikat gratis dari Kementerian ATR/BPN agar dapat memanfaatkan sebaiknya.

“Selain berguna memberikan kepastian hukum bagi lahan milik masyarakat, sertifikat gratis ini juga bisa digunakan sebagai agunan modal usaha,” kata Sahbirin Noor.

Berdasarkan data, Kalsel pada tahun 2021, mendapatkan jatah sebanyak 59.372 ribu sertifikat gratis. Sementara pada tahun 2020 telah dibagikan 280 ribu sertifikat gratis bagi masyarakat Kalsel.

Paman Birin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah melaksanakan program sertifikat gratis di Kalsel. “Saya juga berharap masyarakat agar ikut mendaftarkan tanah atau lahannya dalam program sertifikat gratis ini karena sangat bermanfaat,” harap Paman Birin.

Melalui program sertifikat gratis, manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat Kalsel. “Masyarakat bisa memiliki landasan hukum atas lahan miliknya dan mengatasi tumpang tindih lahan,” kata Sahbirin Noor.

Sementara Presiden Jokowi secara virtual menyampaikan pada tahun 2017 pemerintah RI telah membagikan sebanyak 5,4 juta, tahun 2018 sebanyak 9,3 juta, 2019 sebanyak 9 juta dan pada 2020 sebanyak 6,8 juta sertifikat.

“Target pembagian sertifikat setiap tahun selalu berhasil terlampaui, kecuali pada 2020 ini akibat pandemi target sebanyak 11 juta yang terealisasi 6,8 juta,” terang Jokowi.

Pada tahun 2021, diawali pada hari ini dengan membagikan 584.407 sertifikat untuk seluruh provinsi di Indonesia. “Targetnya pada tahun 2025, Insya Allah seluruh lahan masyarakat dapat disertifikasi,” kata Jokowi.

BACA JUGA  Kajian UU ITE Diminta Melibatkan Tim Independen
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

3 Wartawan Vietnam Divonis 11-15 Tahun Penjara

Read Next

Ketua Bawaslu Kotabaru Diadukan ke DKPP atas Dugaan Info Hoax

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *