Polisi Tangkap WNI Pembuat Parodi Indonesia Raya

Tersangka parodi Indonesia Raya sedang diperiksa polisi. Istimewa

Polisi menangkap pelaku yang mengunggah parodi lagu ‘Indonesia Raya’ MDF di Cianjur, Jawa Barat. Pemilik akun YouTube My Asean yang berstatus pelajar ini dibawa ke Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Membawa tersangka ke Bareskrim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Jumat (1/1/2021).

Polisi akan mempersiapkan administrasi untuk proses penyidikan. Polisi akan memeriksa terhadap sejumlah barang bukti yang disita saat penangkapan.

Dittipidsiber Bareskrim Polri menangkap pelaku pada Kamis (31/12/2020), sekitar pukul 20.00 WIB. Pelaku ditangkap di kediamannya di Cianjur, Jawa Barat.

“TSK atas nama MDF/pemilik akun YouTube MY ASEAN yang diamankan jam 20.00 WIB,” kata Komjen Listyo Sigit.

Penangkapan pelaku parodi Indonesia Raya ini juga merupakan kerja sama PMJ dan Polda Jabar di bawah koordinasi Ditsiber Bareskrim Polri. Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti saat penangkapan. Barang bukti berupa handphone hingga perangkat komputer.

Dirtipidsiber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi menyebut, Polri bekerja sama dengan Polis Diraja Malaysia (PDRM) dalam proses pengungkapan kasus ini. Dasar polisi melakukan penangkapan adalah laporan polisi nomor LP/B/0730/XII/2020/Bareskrim tanggal 30 Desember 2020.

Anak yang berhadapan dengan hukum ini masih diperiksa di Bareskrim.

MDF terancam melanggar UU ITE karena diduga telah melakukan dugaan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian, permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan, dan/atau mengubah Lagu Kebangsaan, dengan nada, irama, kata-kata, dan gubahan lain dengan maksud untuk menghina atau merendahkan kehormatan lagu kebangsaan.

Diketahui, video lagu ‘Indonesia Raya’ yang dibuat parodi itu diunggah oleh salah satu akun YouTube yang berlogo bendera Malaysia. Video itu berjudul ‘Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)’.

BACA JUGA  Revitalisasi Sekumpul Diprediksi Butuh Rp 250 Miliar

Sumber: Detik.com

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Selamatkan Anak 10 Tahun, Warga Keroyok Buaya

Read Next

Narkoba 426 Gram Disita saat Tahun Baru di HST

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *