Gubernur Sahbirin Noor Kunjungi Korban Banjir

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor meninjau korban banjir, Selasa (29/12/2020).

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor bersama jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalsel meninjau lokasi banjir di Kabupaten Banjar, Selasa (29/12/2020).

Tinjauan lokasi banjir dimulai dari Desa Teluk Selong Ulu Kecamatan Martapura Barat sampai Desa Pekauman Kecamatan Martapura Timur dengan berjalan kaki. Sahbirin melihat langsung kondisi rumah warga yang terdampak dan berharap dengan segera dilakukan penanganan.

“Kita segera memberikan bantuan, terutama lokasi pengungsian dan dapur umum,” harap Sahbirin Noor.

Koordinasi untuk lokasi dapur umum juga langsung dilakukan kepada Pelaksana Tugas Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Mujiat.

Kemudian dampak lainnya, sebagian masyarakat yang rumahnya terendam melakukan pengungsian di sekolah dan rumah keluarga lainnya, sehingga keamanan rumah juga jadi aspirasi yang diterima.

“Kita mengingatkan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati jika rumahnya kosong, begitu juga bagi anak-anak yang bermain air apalagi yang tidak bisa berenang agar tetap dalam pengawasan orang tua,” tambah Sahbirin.

Banjir di beberapa daerah di Kabupaten Banjardisebabkan oleh tingginya debit air sungai Martaputa sehingga merembes ke kediaman warga, ketinggian air yang merendam pemukiman antara 30 sampai 50 centimeter.

Melihat musibah ini yang kerap dialami oleh masyarakat, orang nomor satu di Kalimantan Selatan ini memiliki hajat untuk melakukan normalisasi sungai Martapura.

“Rencana pengerukan sungai Martapura ini sudah lama ingin dilakukan, mudah-mudahan ada saatnya. Kita juga lakukan kajian-kajian serta pemetaan daerah rawan banjir dengan melibatkan instansi terkait,” tutupnya.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Siap Mediasi, Pertamina Tunggu Niat Baik SPI Kalsel

Read Next

Kejaksaan Tenggelamkan 5 Kapal Nelayan Asing

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *