Siap Mediasi, Pertamina Tunggu Niat Baik SPI Kalsel

Aktivitas eksplorasi migas Pertamina di lahan pertanian, Kabupaten HSS, Kalsel. SPI Kalsel

PT Pertamina siap menyelesaikan silang sengkarut survei seismik 2D dengan petani di Kecamatan Daha Selatan, Daha Utara, dan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Tapi, Pertamina menunggu niat baik dari Serikat Petani Indonesia (SPI) Kalsel dan SPI Kabupaten HSS untuk menyelesaikan persoalan ini lewat mediasi.

“Mari sama-sama bertemu, saling komunikasi lagi tentang masalah yang ada. Intinya kami terbuka atas persoalan yang timbul dengan cara kekeluargaan, kami menunggu itikad baik dari SPI. Mari duduk bersama,” kata juru bicara Pertamina Survei Seismik 2D Tanjung Barat, Renaldy Lapotulo kepada banjarhits.com, Selasa (29/12/2020).

Pihaknya sudah berusaha mengontak Ketua SPI Kabupaten HSS, Bakeri. Namun, kata Renaldy, sosok Bakeri sulit dihubungi untuk menyelesaikan persoalan. “Kalau enggak ada iktikad baik, kami laporkan,” ucap Renaldy.

Menurut dia, Pertamina sudah membuatkan tiga sumur bor atas permintaan Bakeri untuk pengairan sawah petani. Pertamina juga memasangkan pipa paralon sesuai kehendak Bakeri. Selain itu, kata Renaldy, Pertamina sudah sosialisasi yang melibatkan kelompok petani, pihak kecamatan, polsek, dan koramil setempat.

Renaldy mengakui masih ada petani yang belum terdata. Itu sebabnya, ia terus memperbarui pendataan petani terdampak aktivitas survei seismik 2D. Kalaupun ada kerusakan, ia tetap tanggung jawab pembayaran kerusakan tanam tumbuh.

“Ini kan baru survei, belum ada pembebasan lahan. Kegiatan kami numpang lewat, kalau terjadi kerusakan, kami tetap bertanggung jawab. Dasar pembayaran berdasarkan indeks yang dikeluarkan Pemkab HSS,” lanjut Renaldy.

Ia berkata SPI Kalsel dan Kabupaten HSS harus bisa menunjukkan bukti dan data atas tuduhan negatif terhadap petugas lapangan Pertamina. Sebab, petugas Pertamina dan petani tidak ada perseteruan di lapangan. Oleh karena itu, Renaldy terkejut mendengar SPI Kalsel melayangkan surat protes ke kantor Pertamina di Banjarmasin.

BACA JUGA  ASN dan Karyawan Diberi Kelonggaran untuk Coblosan PSU Banjarmasin

Renaldy meminta SPI Kalsel lekas bikin klarifikasi atas tuduhan yang sudah beredar di media. Ia ingin menjaga reputasi positif Pertamina sebagai BUMN yang bekerja profesional, tidak serampangan. Pihaknya tetap uji seismik 2D di lokasi itu karena diburu waktu sampai Juli 2021.

Survei seismik 2D ini menyasar dua provinsi (Kalsel dan Kalteng), tujuh kabupaten, 14 kecamatan, dan 50-an desa/kelurahan. “Sampai dengan saat ini masih melakukan kegiatan karena tidak ada masalah. Mereka mengijinkan kami melakukan kegiatan dan pendataan ulang,” tegas Renaldy.

Dwi Putra Kurniawan selaku Ketua Wilayah Serikat Petani Indonesia Kalimantan Selatan, bersedia melakukan mediasi bersama PT Pertamina. “Bisa, setelah kami ketemu DPRD Kalsel,” pesan Dwi Putra.

Dwi dan Ketua SPI Kabupaten HSS, Bakeri, sebelumnya menyayangkan aksi pematokan dan pengeboran yang dilakukan PT Pertamina tanpa melalui proses yang baik. Seperti, kata Dwi, tidak adanya surat pemberitahuan dan surat persetujuan (izin) tertulis dari para petani yang lahannya jadi objek pematokan dan pengeboran tersebut.

Padahal pada 17 Desember 2020 dari hasil pertemuan antara pihak PT Pertamina dengan para petani pemilik/pengelola lahan, secara jelas protes/komplain para petani berupa penghentian sementara kegiatan lapangan Pertamina telah disepakati dan disaksikan Camat Daha Selatan dan Kapolsek beserta jajarannya.

Dwi Putra menilai tindakan semena-mena PT Pertamina adalah bentuk pelanggaran pada Hak Asasi Petani (HAP) sesuai Deklarasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) UNDROP “United Nations Declaration on the Rights of Peasant and Other People Working in Rural Area” atau Hak Asasi Petani dan Orang bekerja di pedesaan.

Bahkan juga melanggar UU RI Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Dwi Putra menyampaikan telah melayangkan surat secara resmi kepada Bupati HSS dan Ketua DPRD HSS perihal ini, tapi belum direspons.

BACA JUGA  Di Batola, 40 Orang Masih Positif Covid
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Teori Bakul Purun Dalam Perspektif Pilgub Kalsel

Read Next

Gubernur Sahbirin Noor Kunjungi Korban Banjir

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *