84 Orang di Barabai Terjaring Razia Masker Covid-19

Warga pelanggar prokes Covid-19 disuruh menyapu di Barabai, Senin (28/12/2020). Polres HST

Aparat gabungan Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinkes, Polri, dan TNI Kabupaten Hulu Sungai Tengah, melaksanakan operasi yustisi penegakkan disiplin protokol kesehatan dan sanksi hukum sesuai Perbup HST Nomor 34 tahun 2020. Giat ini digelar di Barabai, Kabupaten HST pada Senin (28/12/2020).

Kasat Pol PP Kabupaten HST Abdul Razak menuturkan razia yustisi sempat tertunda karena adanya pelaksanaan pengamanan dan siaga pemilihan pilkada. Maka pihaknya kembali bersama aparat gabungan menggelar operasi yustisi penegakkan protokol kesehatan dan sanksi hukum atas Perbup HST Nomor 34 Tahun 2020 pada Senin pagi (28/12).

Menurut Abdul Razak alasan dilaksanakannya kembali operasi yustisi karena adanya kecenderungan peningkatan kasus covid-19, seperti di Pulau Jawa umumnya di Indonesia dan khususnya.

“Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan untuk menghadapi llibur panjang Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021,” kata Abdul Razak di Barabai, Senin (28/12/2020).

Dengan kekuatan 53 personel terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, BPBD dan Dinas Perhubungan Kabupaten HST, operasi direncanakan hingga tanggal 2 Januari 2021 untuk membantu menekan penyebaran covid-19 di Hulu Sungai Tengah.

Operasi yustisi hari ini pada dua lokasi yaitu depan kediaman rumah Dinas Bupati HST Jalan Bhakti Barabai, dan Bundaran air mancur Jalan Ir.P.H.M.Noor Barabai. “Masih kita temukan 84 orang pelanggar protokol kesehatan,” lanjut Razak.

Sanksi yang diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan yaitu: 61 orang wajib beli masker, sanksi teguran 17 orang, dan sanksi sosial menyapu 5 orang.

Menurut dia, sanksi pelanggar protokol kesehatan mulai dari sanksi sosial menyapu, teguran tertulis hingga membeli masker. Ia berharap adanya operasi yustisi ini warga masyarakat Hulu Sungai Tengah dapat mematuhi protokol kesehatan.

BACA JUGA  Keluarga Korban Tewas Banjir Kalsel Terima Santunan

“Salah satunya menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah,” tegas Abdul Razak.

Sedangkan pelaksana harian Pasiopsdim 1002/Barabai Kapten Inf Andi Tiro menyampaikan bahwa keikutsetaan TNI-Polri dalam operasi penegakkan disiplin protokol kesehatan sebagai langkah nyata TNI-Polri ikut membantu pemerintah daerah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 yang belum berakhir.

“Dan kerjasama seluruh komponen bangsa dan warga masyarakat Hulu Sungai Tengah sangat diperlukan untuk menjadikan Hulu Sungai Tengah terbebas dari corona,” pungkasnya.

Sementara itu Kasat Sabhara Polres HST, AKP Tarjono, berkata kegiatan operasi yustisi kali ini menyampaikan bahwa Polri bersama instansi terkait yang ada di Hulu Sungai Tengah tidak akan bosan dan terus melakukan upaya penegakkan disiplin protokol kesehatan. “Terutama menghadapi libur natal 2020 dan tahun baru 2021,” ucap Tarjono.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Ekonom Banua Minta Shutdown Kapitalisme

Read Next

Brak! Jazz Matic Hantam Panti Sosial Banjarbaru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *