Wartawan Nilai Pilgub Kalsel Berjalan Jujur dan Adil

Anggota Pokja Wartawan Pemerhati Pilkada Kalsel 2020, Ipik Gandamana di DPRD Kalsel, Rabu (23/12/2020). banjarhits.com

Anggota Tim Pokja Wartawan Pemerhati Pilkada Kalimantan Selatan 2020, Ipik Gandamana, mengatakan pelaksanaan Pilgub Kalsel 2020 sudah berjalan jujur dan adil. Ia menilai tahapan Pilgub Kalsel ini secara independen, tanpa kepentingan afiliasi politik.

“Semua patut mengapresiasi terobosan paslon 02 (H Denny Indrayana – H Difriadi) itu cukup membawa pengaruh tingkat kesadaran politik masyarakat. Strategi yang diusung H2D no money politic, cukup bagus untuk pendidikan politik, dan kami mengakui berhasil,” kata Ipik Gandamana ditemui di DPRD Kalsel, Rabu (23/12/2020).

Di sisi lain, Ipik melihat paslon nomor urut 01 Cagub – Cawagub Kalsel Sahbirin Noor – Muhidin (BirinMu) juga menerapkan politik bersih tanpa politik uang saat pencoblosan.

“Sehingga terjadilah pemilihan yang bersih, jujur, dan betul-betul head to head. Meskipun paslon 02 banyak kelemahan, paslon 01 punya kekuatan tertentu,” tambah Ipik.

Ipik menegaskan Pilgub Kalsel sudah berjalan fair, tanpa serangan fajar saat pemungutan suara. Hasilnya, kata Ipik, masyarakat Kalsel mayoritas masih ingin Sahbirin Noor sebagai Gubernur Kalsel.

“Itu bisa terlihat pada hasil pencoblosan melalui rekapitulasi KPU dengan selisih 8.127 suara. Ini murni pertarungan head to head dan bersih,” ucap wartawan senior itu.

Sekalipun H2D kalah suara dari BirinMu, Ipik Gandamana sangat mengapresiasi terobosan politik H2D yang menghapus images politik uang di Pilgub Kalsel 2020. Yang paling penting, kata dia, hasil pemilihan 9 Desember itu hasil yang fair.

Ipik pernah mewawancarai ke beberapa pemilik hak suara bahwa tidak ada lagi serangan fajar. Toh, menurut dia, H2D berhak mengajukan sengketa hasil ke Mahkamah Konstitusi sesuai mekanisme.

Selain itu, Ipik mengapresiasi kinerja KPU Kalsel dan jajarannya yang sukses menggelar Pilkada Kalsel 2020 di tengah pandemi Covid-19. Setiap TPS menerapkan protokol kesehatan dan kelengakapan alat.

BACA JUGA  Narkoba 426 Gram Disita saat Tahun Baru di HST

“Pemilu sekarang sudah sangat jujur dan adil, fair. Ada selisih suara, saya pikir kita tidak bisa menafikan, bahwa masyarakat Kalsel masih menginginkan paslon 01,” ucap Ipik.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Buruh Sawit di Kalsel Tagih Kepastian Regulasi

Read Next

Hadi Rahman Jadi Kepala Ombudsman Kalsel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *