Buruh Sawit di Kalsel Tagih Kepastian Regulasi

Koordinator Serbusaka, Supianoor di DPRD Kalsel, Rabu (23/12/2020). banjarhits.com

Aliansi Serikat Buruh Sawit Kalimantan mengadukan nasib ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan pada Rabu (23/12/2020). Mereka ingin menyampaikan aspirasi penetapan regulasi.

Koordinator Aliansi Serbusaka, Supianoor, mengatakan kedatangan pihaknya dalam rangka silaturahmi ke DPRD Kalsel, sekaligus mengadukan persoalan tentang regulasi yang belum dibuat.

“Perlindungan terhadap buruh sawit itu sangat minim, dikarenakan aturan yang mengatur buruh sawit belum ada,” ucap Supianoor kepada wartawan di DPRD Kalsel, Rabu (23/12/2020).

Berkaca dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, kata dia, masih terdapat aturan yang bersifat umum. Sedangkan aturan buruh migas maupun buruh tambang sudah memiliki aturan sendiri.

“Khusus untuk aturan buruh sawit yang telah 10 persen lebih menyumbangkan pemasukan APBN, belum ada,” ujarnya. Oleh karena itu, Supianoor mengharapkan adanya regulasi yang sesuai untuk menjamin keberlangsungan kehidupan para buruh sawit di Kalsel.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, H Lutfi Saifuddin, mengatakan kedatangan buruh sawit sejalan dengan rencana yang dilakukan DPRD Kalsel. Pihaknya akan merevisi Peraturan Daerah Ketenagakerjaan.

“Dengan disahkannya UU Omnibus Law, tentu nya akan ada penyesuaian untuk daerah kita, dan melibatkan pihak terkait,” beber Lutfi.

Adapun penyesuaian UU Cipta Kerja tersebut akan melindungi para buruh dalam melakukan perjalanan di daerah Kalsel. Selain itu, revisi perda akan memperhatikan BPJS Ketenagakerjaan untuk pegawai honorer dan guru honorer.

Tidak hanya untuk provinsi saja, akan tetapi daerah juga harus menerapkan. “Apabila habis kontrak atau penghentian kerja, mereka dapat pesangon dari BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Sikap Sahbirin Noor atas Sengketa Pilgub Kalsel di MK

Read Next

Wartawan Nilai Pilgub Kalsel Berjalan Jujur dan Adil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *