Mandastana Jadi Inkubasi Pertanian Agropolitan

Noormiliyani

Bupati Batola Hj Noormiliyani menjenguh nenek Taplin di sela bedah rumah, Selasa (8/12/2020).

Setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Program Bedah Rumah Sehat ala Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali berlanjut.

Bupati Hj Noormiliyani AS meresmikan penggunaan Rumah Sehat ala TP-PKK Batola ini, Selasa (08/12/2020). Kali ini rumah yang diresmikan sebanyak 8 unit yang tersebar di empat kecamatan: Mandastana 2 unit masing-masing di Desa Puntik Luar Jalan Puntik Raya RT 004 RW 002 dan Desa Tabing Rimbah Ray 6 RT 009 RW 003, 2 unit di Kecamatan Marabahan masing-masing di Jalan AES Nasution RT 19 RW 001 dan Gang Teratai RT 005 RW 001.

Selanjutnya, 2 unit di Kecamatan Cerbon masing-masing di Desa Sungai Rasau RT 008 dan Desa Badandan RT 006, serta 2 unit di Kecamatan Belawang masing-masing di Desa Rangka Surya RT 2 dan di RT 4. Peresmian 8 unit Rumah Sehat ala TP-PKK Batola ini dipusatkan di Desa Rangga Surya RT 4 Kecamatan Belawang.

Untuk 2 unit rumah di Kecamatan Belawang diperuntukan kepada keluarga Kursani dan keluarga Marianadi, 2 unit rumah di Kecamatan Cerbon diperuntukan keluarga Lahmudain dan keluarga Mardiah, dan 2 unit rumah di Kecamatan Marabahan diperuntukan kepada keluarga Mahriana dan keluarga Rusmiati.

Ketua TP PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor menyampaikan, seremonial penyerahan kunci program bedah rumah itu terpusat di Kecamatan Belawang. Undangan terbatas demi menerapkan protokol kesehatan.

“Sedangkan penerima program bedah rumah pun hanya perwakilan keluarga yang kami undang demi menerapkan protokol kesehatan,” ucap alumni Fakultas Teknik ULM Banjarmasin itu.

Warga penerima program bedah rumah juga menerima bantuan dari berbagai SKPD seperti Dinas Sosial yang memberi bantuan perlengkapan rumah dan sembako, Dinas Peternakan memberi hewan ternak ayam, Dinas Pertanian memberi tanaman toga, Disdukcapil membuatkan KTP, Kartu Keluarga, dan Kartu Identitas Anak, Dinas Pendidikan berikan bantuan sepeda, Dharma Wanita memberikan satu set televisi dan antena, dan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) memberikan bantuan uang sekolah.

BACA JUGA  Gubernur Safrizal Usulkan Tabalong Daerah Terbaik Penanganan Covid

Selain itu, masing-masing TP-PKK kecamatan juga memberikan bantuan perlengkapan rumah tangga. Kelurahan Marabahan Kota memberikan bantuan uang Rp 500 ribu pada dua warganya ditambah masing-masing Rp 750 ribu dari TP-PKK Marabahan. Ada juga diberikan Surat IMB dari pihak Kecamatan Marabahan kepada penerima program.

Ketua TP-PKK yang akrap disapa Saras itu menerangkan, ke depannya PKK akan terus bergerak mengatasi permasalahan stunting, pencegahan Covid-19, dan menekan pernikahan di bawah umur.

“Kami berharap dukungan segala pihak termasuk ke depannya diharapkan setiap desa bisa menyisihkan dana desa untuk satu program bedah rumah,” ucapnya sembari berharap agar bedah rumah bisa terwujud satu rumah per desa.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyambut baik dan merasa senang atas program yang digagasnya dapat terus dilaksanakan, bahkan di tengah pandemi.

Ia bangga melihat Kecamatan Mandastana terpilih dalam kawasan inkubasi utama pengembangan infrastruktur wilayah 2 Kalimantan menjadi Kawasan Industri Agro Pusat Pengembangan Pertanian Agropolitan Mandastana (Puspa Mandastana) oleh Kementerian PUPR.

“Di antara wilayah lain di Kalimantan, Mandastana berhasil terpilih dalam program Pemerintah Pusat ini. Kita patut berbangga,” ucapnya.

Ia berharap ke depannya kawasan Puspa Mandastana bisa bersinergi dengan kawasan agrowisata Jejangkit Eco Park yang digagas Pemkab Batola, sehingga diharapkan program-programnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Acara peresmian bedah rumah diakhiri dengan peninjauan salah satu rumah yakni milik Marianadi dan Jamilah. Bupati menyempatkan diri menjenguk nenek Taplin yang sudah uzur berusia 90 tahun (ibu angkat dari Jamilah) yang hanya terbaring di tempat tidur.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Pasien Sembuh Covid-19 di Batola Tembus 752 Orang

Read Next

Bawaslu Kotabaru Patroli Politik Uang, Apa Hasilnya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *