Perlawanan Rakyat Marabahan Jadi Momen Instropeksi

Bupati Batola Hj Noormiliyani pimpin upacara Hari Perlawanan Rakyat Marabahan, Senin (7/12/2020).

Peringatan hari Perlawanan Rakyat Marabahan harus jadi momentum semua untuk melakukan introspeksi diri. Demikian diungkapkan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS pada Upacara Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Marabahan di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (07/12/2020).

“Seberapa jauh setiap komponen dapat mewarisi nilai-nilai perjuangan, melanjutkan dan mengisi kemerdekaan demi mencapai kehidupan sejahtera, adil dan makmuk,” ucap Noormiliyani.

Pada hakekatnya, kata dia, setiap perjuangan pasti ada hasil, namun tidak ada kata akhir dan berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan, terus berlanjut sesuai tuntutan lingkungan strategis.

Oleh karenanya, kepada seluruh masyarakat selaku generasi penerus, khususnya generasi muda, ia mengajak dapat mengoptimalkan peran dan kemampuan sebagai agen-agen perubahan.

“Jadilah motor penggerak utama sekaligus pembangkit semangat seluruh komponen dengan harapan melalui tangan generasi muda terhimpun kekuatan ikut berperan dan berpartisipasi dalam memajukan pembangunan bagi kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakat,” papar bupati.

Sementara kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN), berkaitan dengan momen Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Marabahan yang bertepatan akhir tahun anggaran, Hj Noormiliyani meminta untuk bahan evaluasi terhadap kinerja masing-masing.

Berkenaan dengan berakhirnya Tahun Anggaran 2020 serta untuk memenuhi ketentuan tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan daerah, ia menyarankan agar memperhatikan surat edaran dari BPKAD mengenai batas waktu pengajuan SPM GU/TU/LS dan pengiriman SPM nihil TA 2020.

Mengingat, lanjut bupati, dari laporan realisasi belanja TA 2020 per 30 November baru mencapai 66,38 persen, capaian realisasi fisik dan keuangan (RFK) 98 persen, dan realisasi keuangan 65,45 persen.

“Saya harapkan Desember ini masing-masing SKPD dapat memaksimalkan penyerapan anggaran,” pintanya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu juga mengingatkan seluruh SKPD agar mulai sekarang memikirkan, merencanakan, dan menyusun rangkaian program dan kegiatan prioritas untuk tahun 2021.

BACA JUGA  Peduli Guru, Bupati Batola Diganjar Dwija Praja Nugraha

Supaya di awal tahun anggaran baru semua dapat bekerja lebih optimal dalam berkarya dan mengabdikan diri untuk kepentingan daerah dan masyarakat dalam bingkai kebersamaan guna tercapainya Visi Misi Pembangunan 2017-2022 Batola Setara.

Kepada para veteran pejuang yang masih hidup maupun para ahlul bait, bupati atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengorbanan dan pengabdian bagi bangsa dan negara, khususnya dalam peristiwa heroik Perlawanan Rakyat Marabahan 5 Desember.

Upacara Peringatan Hari Perlawanan Rakyat Marabahan yang diikuti pasukan TNI, Polri, Satpol-PP, ASN, dan para OKP ini juga dirangkai pembacaan riwayat singkat oleh Kasubag Pemberitaan dan Publikasi Muhammad Didik Kaharudin.

Bertindak selaku Perwira Upacara dalam upacara yang juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, para anggota forkopimda, Pj Sekda H Abdul Manaf, para staf ahli bupati, para asisten, para pimpinan SKPD, dan para pejabat eselon III ini Kabag Pemerintahan Dahtiar Fajar, dan Komandan Upacara H Ibadurrahman.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Bupati Sudian Noor Sempat Kirim Pantun ke Mensos

Read Next

Mobil Lin Marabahan Terguling-guling di Rantau Badauh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *