Debat Kusir Haji Denny dan Sahbirin soal Energi Terbarukan

Dokumentasi debat publik Cagub – Cawagub Kalsel di studio TVRI Kalsel, Sabtu malam (28/11/2020).

Calon Gubernur Kalimantan Selatan H Denny Indrayana menyoroti komitmen petahana Gubernur Kalsel Sahbirin Noor soal pengembangan energi terbarukan di Kalsel. Denny menilai Sahbirin belum merealisasikan energi terbarukan selama lima tahun memimpin Kalsel.

Denny terusik atas pernyataan Sahbirin yang masih akan mengembangkan energi surya. “Dalam lima tahun, apa yang sudah dikerjakan? Sudah lima tahun, kok masih rencana,” kata Denny Indrayana dikutip banjarhits.com saat debat Cagub – Cawagub Kalsel, Sabtu (28/11/2020).

“Sayang sekali dalam waktu lima tahun, beliau (Sahbirin Noor, red) masih bicara akan melakukan. Harusnya bahasanya sudah dilakukan,” Denny melanjutkan. Menurut dia, Kalsel dikenal lumbung batubara. Tapi listrik sering byarpet di lumbung batu bara.

Di Kalsel, kata Denny, banyak potensi energi terbarukan yang ramah lingkungan, seperti energi air, angin, dan tenaga surya. “Kita jangan terus melakukan energi fosil.”

Sahbirin Noor pun meluruskan perkataan Denny. Sahbirin menduga Denny salah dengar atas komitmen pemanfaatan energi terbarukan atau renewable energy.

“Apakah telinga Anda salah mendengarkan? Bukan baru mau akan energi terbarukan. Kita ada PLTA Bendungan Tapin, Bendungan Kusan, Bendungan Jaro. Jadi bukan bicara akan, kecuali Anda akan,” kata Sahbirin.

Sahbirin mengilustrasikan proyek pembangunan jalan. Dari 100 meter jalan yang hendak digarap, baru terealisasi 70 meter. “30 meter itu yang akan diselesaikan,” ujar Sahbirin.

Adapun Cawagub Muhidin yang berpasangan dengan Sahbirin, justru sewot mendengar komentar Denny Indrayana. Muhidin menilai ajang debat mestinya dipakai adu gagasan, bukan saling menyalahkan antar kandidat.

“Kita hari ini berdebat. Masyarakat dapat menilai, dari tadi menyalahkan kami. Dari awal menyalahkan data BPS. Kalau disalahkan tarus, Paman (Sahbirin Noor, red) salah tarus. Enggak ada baiknya,” kata Muhidin.

BACA JUGA  Perpustakaan Palnam Sudah Sepekan Kebanjiran
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Ini Video Buaya Pemangsa Manusia di Kotabaru

Read Next

Peduli Guru, Bupati Batola Diganjar Dwija Praja Nugraha

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *