Sikap AJ Oknum ASN Kotabaru atas Tuntutan Denda Rp 1 Juta

Persidangan terdakwa Antonius Jarwana dengan agenda keterangan saksi di PN Kotabaru pada Senin (16/11/2020). Foto: istimewa

Terdakwa dugaan pidana Pilkada Kabupaten Kotabaru, Antonius Jarwana, duduk lagi di kursi pesakitan dalam agenda pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum Kejari Kotabaru, Selasa (17/11/2020).

Sidang hari ini kedua kalinya, setelah sidang perdana pemeriksaan terdakwa, saksi fakta, dan ahli pada Senin (16/11/2020). Saat sidang tuntutan, JPU merangkap Kasipidum Kejari Kotabaru, Rizki Purbo Nugroho, menuntut terdakwa Antonius denda Rp 1 juta subsider 2 bulan kurungan.

Dari berkas tuntutan, Rizki menyebut ada poin yang memberatkan dan meringankan terdakwa Antonius Jarwana. Poin yang memberatkan, kata dia, perbuatan terdakwa Antonius Jarwana mencederai proses demokrasi.

“Yang meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya, tidak berbelit-belit, dan belum pernah dihukum,” Rizki melanjutkan.

Komisioner Bawaslu Kotabaru, Akhmad Gafuri, berkata terdakwa Antonius Jarwana bersedia untuk membayar denda sesuai tuntutan itu. “Dan tidak melakukan pembelaan,” kata Gafuri, menirukan sikap AJ.

Menurut dia, jika terdakwa tidak bisa membayar denda Rp 1 juta, maka diganti kurungan badan selama 2 bulan. Terdakwa Antonius tinggal menunggu sidang putusan yang akan digelar pada Kamis, 19 November 2020.

Adapun kuasa hukum paslon Sayed Jafar Alaydrus – Andi Rudi Latif (SJA-ARUL), Tri Warman, tetap mendukung AJ dalam menghadapi proses hukum tersebut. Namun, pihaknya tidak bisa terlibat aktif karena sudah ada tim hukum yang mendampingi terdakwa AJ.

“Beliau (AJ, red) dari DOB Kambatang Lima sudah ada tim hukum yang menangani persoalan tersebut. Di luar wewenang kami sebagai lawyer SJA,” kata Tri Warman.

Terdakwa AJ selaku penilik PAUD pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru. Kepada banjarhits.com, AJ pernah menulis pesan: “Umpati (ikuti, red) alur aja kaya apa.”

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Telkomsel Suntik Investasi USD 150 Juta ke Gojek

Read Next

Bupati Batola Salurkan Dana UMKM Rp 1,7 Miliar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *