Massa Rizieq Shihab Potensi Tularkan Covid-19

Habib Rizieq. Foto: Riau Online

Acara yang dihadiri Rizieq Shihab memunculkan kerumunan massa yang dikhawatirkan menyebabkan penularan Covid-19.

Rizieq kembali ke Tanah Air setelah tiga tahun tinggal di Arab Saudi. Dia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 10 November 2020. Kerumunan massa pun terjadi.

“Setiap kerumunan pasti ada potensi peningkatan kasus. Jadi harus siap jika nanti kasus Covid-19 naik,” kata Epidemiolog dari UI Pandu Riono saat dihubungi pada Sabtu, 14 November 2020.

Menurut dia, kerumunan orang tersebut mestinya dihindari selama pagebluk corona. Apalagi saat ini Pemerintah DKI juga masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB Transisi.

Berikut sejumlah kerumunan massa dalam acara yang dihadiri pemimpin FPI Rizieq Shihab:

  1. Bandara Nyaris Lumpuh
    Akses menuju Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa pagi pekan lalu nyaris lumpuh karena jalan-jalan utama dipenuhi massa penjemput Rizieq.|

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta Ajun Komisaris Tugiyo mengatakan massa pendukung Rizieq mulai datang sejak Senin malam dari arah Tangerang dan Jakarta.

  1. Abai Protokol di Bogor
    Kedatangan Rizieq Shihab di Pondok Pesantren Agrokultural miliknya di Megamendung, Bogor, pada Jumat lalu, 13 November 2020, disambut ribuan simpatisan. Mereka memadati jalur Puncak, tepatnya di simpangan pos TMC Gadog hingga simpang Pasir Muncang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ribuan orang itu engabaikan protokol kesehatan, seperti banyak yang tidak memakai masker dan jaga jarak.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi menilai acara kegiatan Imam Besar FPI Rizieq Shihab yang dihadiri ribuan warga di Megamendung, Bogor, masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan Covid-19.

“Secara protokol kesehatan masih banyak sekali (yang tidak melaksanakan). Nomor satu kerumunan orang, nomor dua jaga jarak, yang ketiga pakai masker. Masih banyak yang tidak pakai,” kata Kepala Polda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi di Mako Brimob Polda Jawa Barat, Sumedang, pada Sabtu, 14 November 2020.

  1. Massa Membludak di Markas FPI
    Ribuan massa berkerumun dan berhimpitan tanpa melaksanakan protokol Covid-19 di markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, pada sabtu malam, 14 November 2020.
BACA JUGA  Kekuasaan Oligarki: Habib Rizieq dan Perlawanan

Di sana, FPI menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad setelah sebelumnya diadakan akad nikah putri Rizieq Shihab.

Massa berkumpul sejak Sabtu sore sampai Minggu dini hari, 15 November 2020.

“Bagi semua jamaah diimbau tetap mengenakan masker. Yang tidak membawa masker minta kepada petugas laskar. Insya Allah setelah Isya nanti kita akan mulai acaranya,” kata anggota Panitia Maulid Nabi FPI menggunakan pengeras suara pada Sabtu petang, 14 November 2020.

Sumber: Tempo.co

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Lagi, Pasien Baru Corona Tambah 14 Orang di Batola

Read Next

Kriminalisasi Pers di Era Demokratisasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *