Tersangka AJ Jadi Motivasi DOB Kambatang Lima

Antonius Jarwana di sebelah Saijul Kurnain saat rapat Presidium Pemekaran Kab Kambatang Lima pada 4 Oktober 2020. Foto: istimewa

Ketua Umum Presidium Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kambatang Lima, Saijul Kurnain, mengatakan pihaknya akan memberikan pendampingan hukum terhadap tersangka Antonius Jarwana. Antonius sebagai Ketua Dewan Penasehat Presidium DOB Kambatang Lima yang berstatus tersangka pidana Pilkada Kotabaru 2020.

Saijul sudah menunjuk Dariatman selaku kuasa hukum mendampingi Antonius Jarwana yang segera disidangkan di Pengadilan Negeri Kotabaru. Ia menghormati proses hukum terhadap Antonius Jarwana.

“Kami menghormati dan hargai. Ketika ada pemanggilan dari Bawaslu Kotabaru dan di Polres Kotabaru, kami tentunya kooperatif, dan tanggung jawab kami sebagai pejuang DOB Kambatang Lima,” ucap Saijul Kurnain kepada banjarhits.com, Selasa (10/11/2020).

Menurut dia, status tersangka Antonius Jarwana (AJ) justru pelecut semangat bagi tokoh-tokoh inisator untuk mewujudkan DOB Kabupaten Kambatang Lima.

“Itu akan menambah semangat dan simpati kawan-kawan dan tokoh Banua lainnya untuk kebersamaan mewujudkan impian sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah daratan Kabupaten Kotabaru di 12 kecamatan daratan Kotabaru ini,” kata Saijul Kurnain.

Ia menegaskan perjuangan percepatan DOB Kambatang Lima di wilayah daratan Kabupaten Kotabaru untuk merespons persoalan yang selama ini dikeluhkan warga.

“Khususnya pelayanan publik yang cepat dan ekonomis, percepatan pembangunan terutama infrastruktur jalan dan jembatan,” ucap Saijul.

Dalam Pilkada Kotabaru 2020, Saijul berkata bahwa dua paslon yang bertarung, SJA -ARUL dan 2BHD, sama-sama putra terbaik Kotabaru. Adapun dukungan ke paslon SJA-ARUL melalui keputusan bersama setelah menerima masukan dan pertimbangan.

“Kada bisa diputuskan oleh beberapa orang saja atau petinggi-petinggi saja,” katanya. Namun, ia enggan membuka berapa massa di DOB Kambatang Lima yang siap memilih SJA-ARUL.

Tersangka Antonius Jarwana disangka melanggar pasal 188 juncto pasal 71 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. “Selanjutkan penuntut umum akan melimpahkan perkara tersebut ke PN Kotabaru untuk disidangkan,” ucap Kasipidum Kejari Kotabaru, Rizki Purbo Nugroho.

BACA JUGA  Diperiksa Jaksa, AJ Oknum ASN Kotabaru: Umpati

Adapun Antonius Jarwana bersikap pasrah atas kasus tersebut. Antonius akan mengikuti proses hukumnya sesuai prosedur. “Mau tidak mau harus siap. Umpati (ikuti, red) alur saja kaya (seperti, red) apa,” kata Antonius Jarwana.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Diperiksa Jaksa, AJ Oknum ASN Kotabaru: Umpati

Read Next

Hari Pahlawan, Aktivis Kalsel Upacara di Puncak Arta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *