DPRD Kalsel Jarang Serap Aspirasi ke Pelosok Kotabaru

Yani Helmi, legislator DPRD Kalimantan Selatan. Foto: banjarhits.com

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan asal daerah pemilihan (Dapil) 6 Kabupaten Kotabaru – Tanah Bumbu, M. Yani Helmi, merasa prihatin terhadap sesama koleganya yang tidak pernah menyerap aspirasi masyarakat di daerah pelosok.

Di Kabupaten Kotabaru, Yani mencontohkan saat dirinya melakukan reses ke Desa Rantau Jaya, Desa Terobong Sari, Desa Manunggal Lama, Kecamatan Sungai Durian. Kemudian reses ke Desa Mulyoharjo, Desa Sekayu Baru, Desa Pamukan Indah, Kecamatan Pamukan Utara.

Masyarakat di sana, kata Yani, mengeluh tidak pernah menerima kunjungan dari wakil rakyat level DPRD Kalimantan Selatan. “Sebenarnya tidak elok juga, di kesempatan reses tidak ada anggota DPRD (Kalsel, red) yang ke sana,” ucap Paman Yani — begitu Yani Helmi disapa, Senin (9/11/2020).

Ia mengatakan daerah-daerah tersebut memang memiliki akses jalan yang sulit. Tapi sebagai anggota DPRD Kalsel yang dipilih oleh rakyat, kata Yani, legislator harus menyerap aspirasi warga ke daerah pemilihan.

“Sebagai wakil rakyat, kita harus ada untuk masyarakat,” ujarnya.

Dirinya juga menceritakan saat melakukan kunjungan reses di sana. Para mayarakat menyampaikan tidak adanya kunjungan wakil rakyat. “Ini hal yang menyedihkan. Bukan hanya reses yang ini, yang sebenarnya juga tidak ada,” katanya.

Menurut dia, legislator sebagai wakil rakyat harus mengayomi masyarakat, dimanapun, kapanpun, tidak mengenal tempat, dan jarak. Sehingga membuat masyarakat terpacu untuk kemajuan, dengan kehadiran wakil rakyat.

“Selama saya masih menjadi anggota DPRD (Kalsel, red), saya akan perjuangan aspirasi masyarakat,” pungkas Paman Yani.

Catatan banjarhits.com, wilayah Kecamatan Sungai Durian dan Pamukan Utara berdekatan dengan Provinsi Kalimantan Timur. Kecamatan-kecamatan di wilayah tersebut memang dikenal sepi dan jauh dari jangkauan pusat pemerintahan.

BACA JUGA  Petambak Ikan di Kotabaru Diduga Dimakan Buaya
Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Xaverius

Read Previous

Tersangka Pilkada, Oknum ASN Kotabaru Dikirim ke Jaksa

Read Next

5.500 Pentol untuk Korban Kebakaran Kotabaru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *