Iqbal, Korlap Aksi Demo UU Ciptaker Dibebaskan

Iqbal Hambali (kiri) dan kawannya setelah dibebaskan dari Polresta Banjarmasin, Kamis malam (5/11/2020). Foto: istimewa

Kepolisian Resor Kota Banjarmasin sudah membebaskan Iqbal Hambali, koordinator aksi demonstrasi mahasiswa penolak Omnibus Law UU Cipta Kerja. Ratusan mahasiswa lintas kampus di Banjarmasin unjuk rasa menolak UU Omnibus Law pada Kamis (5/11/2020).

Aparat polisi sempat mengamankan Iqbal ketika kericuhan massa aksi dan aparat keamanan di depan gedung DPRD Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin pada Kamis (5/11/2020).

“Sudah bersama kami, tadi dibebaskan jam 21.30. Iqbal masih saksi,” kata seorang mahasiswa, Nasrul kepada banjarhits.com, Kamis malam (5/11/2020).

Menurut Nasrul, polisi mengamankan Iqbal karena dugaan pelanggaran Pasal 207 KUHP ketika demonstrasi. “Sekarang Iqbal bersama kami di UMB, kami lagi evaluasi langkah berikutnya,” ujar Nasrul.

Selain itu, kata Nasrul, ada kemungkinan Iqbal akan diperiksa lagi dalam kasus lain saat demonstrasi pada Jumat, 14 September 2018 silam. Saat itu, puluhan mahasiswa dari organisasi ELSISK kampus UIN Antasari, mendobrak pintu ruang rapat DPRD Kalsel, lalu merusak sebagian inventaris dewan.

Dari 38 mahasiswa yang sempat diamankan saat itu, Satreskrim Polresta Banjarmasin menetapkan enam orang mahasiswa sebagai tersangka, salah satunya Iqbal Hambali. “Kasus 2 tahun lalu akan dibuka kembali, akan diperiksa lagi kasusnya,” kata Nasrul.

Pasal 207 KUHP berbunyi: Barang siapa dengan sengaja di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina suatu penguasa atau badan umum yang ada di Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Dugaan Represif Demo: Dicekik sampai Ditendang

Read Next

Dua Orang Pengedar Narkoba HST Ditangkap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *