Dua Wartawan Positif Covid-19

Ilustrasi virus. Foto: freeimages.com

Beberapa jurnalis di Kota Balikpapan terkonfirmasi positif covid-19. Mereka yang terpapar adalah satu kantor. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty saat konfrensi pers di Balai Kota pada Senin (02/10) petang.

“Jadi Kami mendapatkan informasi bahwa ada 2 dari rekan media yang terkonfirmasi positif, kemudian kami mencoba mengkonfirmasi dengan rumah sakit serta melihat dengan aplikasi O record,” katanya.

Satgas Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kemudian melakukan koordinasi dengan manajemen perusahaan tempat jurnalis tersebut bekerja untuk dilakukan tracing kontak erat. Kemudian pada Minggu (01/10), dilakukan test swab.

“Karena memang rekan media ini termasuk orang-orang yang banyak beraktifitas di luar kemudian kita harus segera mencari tracingnya maka pada kemarin itu pada hari Minggu kita usahakan untuk dilakukan langsung pemeriksaan swab,” ujarnya.

“Jadi kita dari Gugus Tugas sudah melakukan upaya tercepat untuk segera melokalisir orang-orang yang kontak erat untuk dilakukan tracing,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, dari usulan dan hasil tracing kontak erat tersebut, sebanyak 37 orang kemudian dilakukan test swab. “Dari 37 yang diusulkan ada 3 yang tidak datang, kemudian 34 dilakukan pemeriksaan kemarin pagi,” ungkapnya.

Namun seluruhnya dari hasil tracing tersebut, sebanyak 44 orang yang menjalani swab test dan hasilnya ada 8 orang yang terkonfirmasi positif. “Hasil keluar hari ini kita terima, dari 44 ini ada 8 yang terkonfirmasi positif, termasuk 2 yang dari keluarga (jurnalis),” sebutnya.

Bagi yang terkonfirmasi positif covid-19 langsung dilakukan isolasi mandiri di Embarkasi Haji Batakan Balikpapan muapun Wisma yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) . Namun masih ada 4 orang yang melakukan swab test dan masih ditunggu hasilnya.

Selain itu, Satgas Covid juga melakukan penyemprotan di tempat kerja media mulai dari ruang lobi, Redaksi bahkan percetakan.

BACA JUGA  Protes Bawaslu Kalsel, Wartawan Kirim Pernyataan Sikap

“Kepada 8 orang yang terkonfirmasi positif sudah kita tindaklanjuti segera isolasi mandiri tadi begitu hasil keluar. Kemudian ada 4 yang kita masih menunggu hasil, karena dilakukan pemeriksaan ulang. Karena masih meragukan hasilnya,” tukasnya.

Sumber: Inibalikpapan.com

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Laporan Tim SJA-ARUL Kurang 3 Syarat Formil

Read Next

Jokowi Teken UU Ciptaker, Indef Ragu Kualitas Investasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *