Protes Bawaslu Kalsel, Wartawan Kirim Pernyataan Sikap

Wartawan memberi pernyataan sikap di Bawaslu Kalsel, Senin (2/11/2020). Foto: banjarhits.com

Puluhan wartawan di Kota Banjarmasin menggeruduk kantor Bawaslu Kalimantan Selatan, Jalan RE Martadinata, Banjarmasin pada Senin siang (2/11/2020). Kehadiran mereka sebagai bentuk protes atas pemanggilan wartawan oleh Bawaslu Kalsel.

Menurut perwakilan wartawan, Didi Gunawan Sanusi, wartawan dalam bekerja mesti menjaga independensi, netralitas, dan marwah Pilkada Kalsel 2020 sesuai aturan yang berlaku. Puluhan jurnalis itu melayangkan surat pernyataan sikap.

“Ketika kabar disuguhkan, itu menjadi produk jurnalistik dan jadi tanggung jawab media,” katanya saat menyerahkan surat pernyataan sikap di Bawaslu Kalsel, Senin (2/11).

Aksi wartawan ini berpangkal dari laporan tim kuasa hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, Denny Indrayana – Difriadi, atas dugaan pelanggaran yang dilakukan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1, H Sahbirin Noor – H Muhidin.

Bawaslu Kalsel sempat memeriksa beberapa wartawan atas pemberitaan yang ditulis. Menurut Didi, pemanggilan secara personal awak media maupun manajemen redaksi, jelas bertentangan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, terutama Pasal 4.

Ia mengatakan apabila terdapat kasus yang sedang dalam proses pengusutan, wartawan tidak bisa dilibatkan dalam perkara tersebut. “Sebetulnya kita juga sebagai wasit dalam pengawasan Pilkada 2020,” ujar Didi.

Apabila wartawan dilibatkan dalam sebuah perkara yang sedang bergulir, hal tersebut seolah-olah wartawan ikut terlibat, sehingga tidak bisa menjaga independensi dan netralitas.

“Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali,” harapnya.

Bawaslu Kota Banjarmasin dan Bawaslu Provinsi Kalsel sama-sama pernah memanggil wartawan untuk diklarifikasi. Oleh karena itu, kejadian seperti itu akan berdampak buruk bagi kebebasan pers.

Berdasarkan keputusan Makamah Konstitusi (MK), menyatakan bahwa link berita bisa dijadikan alat bukti. Kendati ada informasi yang termuat dalam suatu berita tentang persoalan yang terjadi, sepenuhnya ada pada Bawaslu untuk menindaklanjuti lebih mendalam. (M. Xaverius)

BACA JUGA  BPD di Batola Diminta Tegur Kades Jika Menyimpang
Vinkmag ad
Bagikan ini :

M Xaverius

Read Previous

Update Covid-19 Batola: 5 Pasien Sembuh

Read Next

KNPI Batola Deklarasi Damai Anti Anarkisme

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *