Isolasi Covid-19, Pria Ini Tetap Bantu Korban Kebakaran Kotabaru

Plt Kepala BPBD Kotabaru, Rusian Ahmadi Jaya di tengah puing kebakaran di Kotabaru pada Jumat (30/10/2020). Foto: istimewa

Pelaksana tugas Kepala BPBD Kabupaten Kotabaru, Rusian Ahmadi Jaya, nekat turun ke lokasi kebakaran di Jalan Patmaraga, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru pada Jumat pagi (30/10/2020). Padahal, Rusian dalam status menjalani isolasi mandiri akibat hasil tes swab reaktif Covid-19.

“Saya memang masih isolasi mandiri, sudah hampir 14 hari. Saya punya jiwa sosial, urusan kemanusiaan enggak bisa dilepaskan. Bagaimanapun tetap jaga kondisi, pakai jaket dan masker selam,” kata Rusian Ahmadi Jaya kepada banjarhits.com, Sabtu (31/10/2020).

Saat di lokasi kebakaran, Rusian pakai peralatan selam untuk menerabas ke titik-titik pekat asap. “Agar bisa bertahan laha di dalam ruangan yang terbakar,” kata Rusian.

Dia menyerahkan penanganan korban kebakaran ini ke Dandim Kotabaru dan petugas lainnya. Selepas bantu korban kebakaran, Rusian bergegas pulang ke rumah untuk melanjutkan isolasi mandiri.

“Saya pantau lewat grup WhatsApp, kemarin bantuan sudah disalurkan. Dapur umum dan posko sudah berdiri, kami juga pesan tenda besar untuk penampungan korban,” ujar Rusian.

Dirinya sempat ikut rapid test Covid-19, yang dinyatakan negatif. Namun, untuk memestikan gejala Covid-19, Rusian iikut swab test. “Hasilnya reaktif, mungkin kecapekan. Jadi isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” kata dia.

Kebakaran hebat menghanguskan sedikitnya 150 unit rumah di Jalan Patmaraga RT 8, RT 9, RT 13, RT 15, dan RT 16, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Musibah ini terjadi mulai pukul 02.00 wita sampai pagi hari, Jumat (30/10/2020). Data dari BPBD Kabupaten Kotabaru, ada 505 jiwa dan 159 kepala keluarga terdampak kebakaran tersebut. Dalam musibah ini, tidak ditemukan korban jiwa. Polisi masih menyelidiki pemicu kebakaran dan menghitung kerugian materi.

BACA JUGA  Kapolda Kalsel dan Dirnarkoba Terima Penghargaan
Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

19 Legislator DPRD Kotabaru Terjerat Sanksi

Read Next

Pejabat Mahkamah Agung Meninggal Dunia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *