Eks Wakil Ketua KPK Laporkan Dugaan Pelanggaran Pilgub Kalsel

Denny Indrayana dan Bambang Widjojanto di kantor Bawaslu Kalsel, Rabu (28/10/2020). Foto: banjarhits.com

Tim pasangan calon gubernur dan wagub Kalimantan Selatan Denny Indrayana – Difriadi Darjat, melaporkan dugaan pelanggaran Pemilihan Gubernur Kalsel 2020 ke kantor Bawaslu Kalsel, Rabu (28/10/2020).

Pelaporan dugaan pelanggaran Pilgub Kalsel ini dikawal langsung Cagub Denny Indrayana dan bekas Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto. Namun, Bambang enggan menjelaskan gamblang bentuk pelanggaran dan siapa yang dilaporkan ke Bawaslu Kalsel.

“Hari ini kami ingin melaporkan (dugaan pelanggaran pilkada, red). Yang kedua, saya sebagai orang dari luar Kalimantan Selatan, walaupun tidak di sini, tapi mencermati ada sesuatu yang menarik sekali. Dan ini bisa jadi contoh, kalau kita mau menegakkan pemilihan itu secara baik,” kata Bambang Widjojanto kepada banjarhits.com sebelum masuk kantor Bawaslu Kalsel di Banjarmasin, Rabu (28/10/2020).

Ia menuturkan pemilih semestinya tidak sekedar memilih kepala daerah. “Kita bisa membangun peradaban. Kalau kita mau menegakkan dengan baik,” kata Bambang Widjojanto.

Menurut dia, pelaporan ke Bawaslu Kalsel ini sebagai upaya menegakkan aturan main Pilkada Kalsel 2020. Berdasarkan informasi dari pelapor dan setelah dipelajari, Bambang menilai ada unsur-unsur yang cukup pelanggaran Pilgub Kalsel.

“Apa itu unsurnya, saya harus lapor dulu kan. Sebagai etika harus lapor dulu, jangan lapornya ke media dulu. Saya mohon ijin lapor dulu, kita akan diskusikan dengan Bawaslu, apa yang tidak menggangu proses. Kami ingin taat beraturan. Karena ada aturan yang hari ini dilanggar,” ujar Bambang Widjojanto.

Pilgub Kalsel 2020 cuma diikuti dua pasangan calon: Sahbirin Noor – H Muhidin, dan Denny Indrayana – Difriadi Darjat.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Motor Kawan Disikat, Pemuda HSU Ditangkap Polisi

Read Next

Polisi HSU Tangkap IRT yang Diduga Bandar Narkoba

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *