Vinkmag ad

Kapal Perintis Kotabaru Kembali Beroperasi

Kapal milik AKR Corporindo sandar di dermaga Pelabuhan Kotabaru milik PT Pelindo III. Foto dokumentasi

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengoperasikan kembali kapal perintis untuk mendukung distribusi logistik, termasuk rute kapal perintis di Kabupaten Kotabaru. Sejak 14 Juli 2021, Kementerian sempat menutup rute kapal perintis di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan akibat PPKM untuk menekan pandemi Covid-19.

General Manager PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru, Zainal Abidin, mengatakan kapal perintis di Kotabaru akan kembali melayani penumpang pada Kamis, 2 September 2021 . Mengutip surat Dirjen Hubla, kata dia, Kementerian mempertimbangkan banyaknya permintaan dari daerah untuk pengoperasian kembali kapal perintis, serta urgensi mobilitas penumpang dan barang di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (T3P).

“Surat ini diteken tanggal 23 Agustus 2021. Hari Kamis 2 September mulai ada kapal,” kata Zainal Abidin kepada banjarhits.com, Senin (30/8/2021). Kementerian meminta seluruh pelabuhan pangkal perintis berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendukung penanganan penumpang dan awak kapal dari resiko penyebaran Covid-19.

Selain itu, operator kapal menerapkan protokol kesehatan bagi awak kapal dan penumpang kapal. “Kepala KSOP berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19 untuk pelaksanaan pengawasan, pengaturan, pengendalian, serta pencegahan Covid-19 dalam kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal di pelabuhan.”

Adapun Dirjen Pencegahan dam Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI telah sepakat mengeluarkan keputusan bersama terhadap pelaku perjalanan dalam negeri. Hal ini sesuai undangan rapat Kepala KSOP Kotabaru-Batulicin pada 27 Agustus 2021.

Enam poin keputusan ini terdiri atas:

  1. Kapal penumpang tujuan Batulicin – Makassar wajib menunjukkan RDT antigen dan dilampiri surat keterangan vaksin Covid-19.
  2. Kapal penumpang tujuan Batulicin – Geronggang, Batulicin – Pare-pare wajib menunjukkan RDT antigen dan tidak wajib dilampiri surat keterangan vaksin Covid-19.
  3. Kapal penumpang roro tujuan Batulicin – Surabaya wajib menggunakan RDT antigen dan dilampiri surat keterangan vaksin Covid-19.
  4. Kapal perintis tujuan Batulicin – Majene, Kotabaru – Majene wajib menunjukkan RDT antigen dan tidak wajib dilampiri surat keterangan vaksin Covid-19.
  5. Kapal perintis tujuan Batulicin – Marabatuan, Kotabaru – Marabatuan tidak diwajibkan menunjukkan RDT antigen maupun surat keterangan vaksin Covid-19.
  6. Kapal perintis tujuan Batulicin – Surabaya wajin menunjukkan RDT antigen dan tidak diwajibkan surat keterangan vaksin Covid-19.

Menurut Zainal, pada umumnya penumpang yang memakai kapal belum tahu cara mengisi e-HAC (elektronic health alert care) Indonesia sebelum keberangkatan sebagai prasyarat perjalanan dan layanan vaksinasi Covid-19 telah terintegrasi ke dalam digitalisasi dokumen kesehatan di aplikasi Peduli Lindungi.

Selain itu, belum meratanya masyarakat Batulicin dan Kotabaru mendapatkan layanan vaksin Covid-19.

PT Pelindo III Pelabuhan Kotabaru di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelindo III (Persero) merupakan BUMN yang mengelola 48 pelabuhan pada tujuh provinsi, meliputi Kalteng, Kalsel, Jatim, Jateng, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Tugas Pertama, Sahbirin Noor dan Muhidin Berbagi Peran

Read Next

Abdul Hadi Minta Pejabat Menetap di Balangan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular