Vinkmag ad

Larangan Mudik Dicabut, Pemudik Padati Pelabuhan Trisakti

Pemudik di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin pada Selasa (18/5/2021).

Pemudik asal Pulau Kalimantan mulai memadati terminal penumpang Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Setelah larangan mudik dicabut pemerintah, mereka bertolak ke Pulau Jawa lewat Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Trisakti, Imran Rasyidi, menuturkan pergerakan penumpang sudah memenuhi terminal penumpang sejak Selasa (18/5). “Agak ramai, kemarin ada dua kunjungan kapal. Yang turun dan berangkat lumayan banyak,” kata Imran Rasyidi kepada banjarhits.com, Rabu (19/5/2021).

Menurut Imran, dua kapal yang sandar di pelabuhan itu bernama KM Nikki Sae dan KM Satya Kencana III. Setelah tiba di Pelabuhan Trisakti pada Selasa (18/5), KM Nikki Sae dan KM Satya Kecana III berangkat ke Pelabuhan Tanjung Perak pada Rabu siang (19/5/2021).

Imran melanjutkan, dua kapal ini tidak lekas berangkat karena terkendala pasang surut Sungai Barito. “Hari ini baru bisa berangkat,” kata Imran Rasyidi.

Selain itu, kata dia, penumpang diwajibkan membawa hasil negatif rapid test antigen atau tes PCR. Jika tidak membawa hasil tes itu, maka penumpang wajib tes GeNose di terminal penumpang Pelabuhan Trisakti.

Pihaknya juga memperketat penumpang yang turun dari kapal untuk mencegah penyebaran Covid-19. Menurut dia, penumpang yang turun wajib memperlihatkan hasil negatif rapid test antigen.

“Sekarang lebih ketat lagi, karena dikawatirkan penumpang yang datang membawa penyakit. Kalau ada penumpang yang tidak membawa dokumen, itu langsung diirapid test. Kalau positif, dia langsung dikirimkan ke karantina,” ucap Imran Rasyidi.

Seorang penumpang asal Palangkaraya, Deni Irawan, mengaku sengaja mudik ke Pasuruan setelah pemerintah mencabut larangan mudik. Deni bertolak ke Surabaya bersama enam anggota keluarganya setelah membeli tiket kapal Rp 340 ribu per orang.

“Kami naik kapal Satya Kencana. Saya datang ke pelabuhan hari Selasa,” kata pria yang bekerja di perkebunan sawit itu.

Pelindo III Pelabuhan Trisakti di bawah area kerja Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelindo III Pelabuhan Trisakti di bawah area kerja PT Pelindo III Regional Kalimantan. PT Pelindo III (Persero) mengelola 43 pelabuhan umum yang tersebar pada tujuh provinsi di Indonesia.

Pelindo III Regional Kalimantan membawahi lima pelabuhan umum, yakni Pelabuhan Bumiharjo Kumai, Pelabuhan Bagendang Sampit, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Samudera Batulicin, dan Pelabuhan Kotabaru.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Pakai Motor Bawa Narkoba, Dua Pria Dihentikan Paksa

Read Next

DKPP Putuskan 5 Komisioner Bawaslu Kalsel Melanggar Etik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular