Vinkmag ad

Tempat Nongkrong Paling Hits di Banjarmasin

Taman Maskot Bekantan saat malam hari di Banjarmasin. Foto: banjarhits.com

Menghabiskan waktu bersama kawan dan keluarga jadi pilihan millenials dan masyarakat urban saat weekend. Mereka kerap kongkow di tempat-tempat outdoor bercorak budaya, taman, dan nuansa indoor macam cafe. Di Kota Banjarmasin, banyak spot kongkow yang wajib Anda kunjungi ketika menghabiskan akhir pekan atau sekedar melepas penat dari rutinitas harian.

Lokasi kongkow di Banjarmasin tak kalah menarik dengan kota-kota lain, loh. Kini, kekuatan budaya sungai jadi trandmark wisata air yang digencarkan Pemerintah Kota Banjarmasin. Maklum, Banjarmasin berdiri di atas ratusan aliran anak-anak sungai. Ingin tahu dimana saja titik kongkow berbasis budaya, religi, dan sejarah paling menawan dan nge-hits di Kota Banjarmasin?

Sobat hits, redaksi banjarhits.com merekomendasikan Anda berkunjung ke tempat-tempat ciamik berikut:

  1. Siring Menara Pandang
    Menara Pandang dan Siring yang terletak di Jalan Pierre Tendean, ini jadi ikon tematik pariwisata Kota Banjarmasin. Maklum, lokasinya berhadapan dengan Sungai Martapura. Lokasi ini cukup ramai saat akhir pekan, karena destinasi wisata paling menarik berkonsep outdoor dan murah.
    2. Taman 0 Kilometer
    Dinamakan Taman 0 Kilometer karena area taman berada di kawasan 0 kilometer jika mengacu perhitungan panjang Jalan Ahmad Yani, sobat. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, bersisian dengan Sungai Martapura. Anda bisa kongkow menghadap Sungai Martapura seraya melihat lalu lintas perahu klotok khas Banjarmasin.
    3. Taman Kamboja
    Letaknya di Jalan Anang Adenansi, Kelurahan Kertak Baru Ulu. Setiap malam, ada atraksi air mancur menari di bawah sorot kelap-kelip cahaya lampu. Anda sebaiknya berkunjung saat malam hari. Kalaupun berkunjung siang hari, Anda tak perlu cemas karena banyak pepohonan rindang yang menaungi di sana. Ada pula spot bermain khusus anak-anak.
    4. Pasar Terapung Siring Tendean
    Aktivitas acil-acil pasar terapung biasanya pada Sabtu dan Minggu setiap pekan. Lokasi ini menyatu dengan Menara Pandang Siring Tendean. Anda bisa membeli aneka buah-buahan khas Banjar dengan harga murah meriah ketimbang di ritel modern. Sobat hits pasti sudah tahu bahwa pasar terapung itu khas Kota Banjarmasin.
    5. Museum Wasaka
    Selain wisata taman dan budaya, ada juga wisata edukasi yang ditawarkan macam Museum Wasaka. Objek wisata Museum Wasaka terletak di bawah Jembatan Banua Anyar, Kota Banjarmasin. Museum ini memiliki banyak cerita sejarah Banjar yang terkandung di dalamnya. Dinamakan Museum Wasaka karena akronim dari Waja Sampai Kaputing.
    6. Masjid Sultan Suriansyah
    Masjid ini dikenal punya sejarah panjang terbentuknya Kota Banjarmasin. Masjid Sultan Suriansyah salah satu masjid tertua di Banjarmasin. Walaupun memiliki umur yang cukup tua, masjid ini masih memancarkan keindahannya dan mempunyai arti yang penting bagi masyarakat Banjar. Masjid Sultan Suriansyah memiliki ukiran bangunan khas Kalimantan Selatan. Ada beberapa bagian yang cukup mirip dengan Masjid Agung Demak, yaitu bagian atap yang berundak dan menyerupai limas segitiga. Lokasi masjid di Jalan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara.
    7. Masjid Sahbilal Muhtadin
    Sebuah masjid besar yang berada di Kota Banjarmasin yang dibangun pada 1981. Penamaan Sabilal Muhtadin sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap Ulama Besar almarhum Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (1710—1812) yang selama hidupnya memperdalam dan mengembangkan agama Islam di Kerajaan Banjar atau Kalimantan Selatan saat ini. Lokasi masjid di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Antasan Besar.
    8. Taman Baca RPTRA Banua Anyar
    Taman ini terletak di bawah kolong Jembatan Banua Anyar. Lokasinya yang berada di kolong jembatan menjadikan taman baca ini makin unik dan khas. Nama resmi taman ini disebut Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Banua Anyar yang diresmikan pada 8 November 2017.

9. Taman Maskot Bekantan
Taman Maskot Bekantan salah satu destinasi wisata di pinggir Sungai Martapura, tepatnya di Jalan Pierre Tendean. Wisatawan dapat berjalan-jalan santai seraya menikmati lalu lintas Sungai Martapura. Dari titik ini, wisatawan bisa menyewa perahu wisata untuk susur sungai. Taman Maskot memiliki beberapa fasilitas seperti mushola, taman bermain, toilet, dan masih banyak lagi.

10. Taman Satwa Jahri Saleh
Taman ini bisa dijadikan tempat liburan bersama keluarga sekaligus sarana pendidikan. Anak-anak akan banyak ilmu yang didapat ihwal tingkah laku fauna. Namun, Taman Satwa Jahri Saleh bukan kebun binatang. Alhasil koleksi satwa masih terbatas. Taman Satwa ini terletak di Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Sungai Jingah.

Vinkmag ad
Bagikan ini :

Read Previous

Penjara dan Cara Bertahan Hidup

Read Next

Update Covid-19 di Batola: 1 Positif dan 3 Sembuh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular